6 Pentingnya Mengajari Bayi Membaca Buku Anak

6 Pentingnya Mengajari Bayi Membaca Buku Anak

Pentingkah bayi dibacakan buku ? Hal ini karena ibu mengira bahwa kemampuan pendengaran dan penglihatan bukan anak yang sempurna. Jika masalah ini membaca, anak tidak akan mengerti. Sebenarnya, ini tidak benar, Mom. Membaca untuk bayi di awal kecil pada kenyataannya banyak manfaat. Berikut ulasannya:

1. usia yang berbeda bayi untuk membaca buku yang berbeda

bayi mengajar untuk membaca buku, bukan berarti anak Anda harus membaca novel biasa ibu dibaca. Biasanya digunakan buku bayi disesuaikan dengan usia mereka. Misalnya, bayi yang baru lahir belum bisa mengenali arti dari gambar-gambar di buku. Namun, bayi yang baru lahir cenderung untuk mengamati warna cerah, kontras pola gambar, dan ekspresi wajah karakter dalam buku anak-anak. Bayi usia ini cenderung mendukung suara ibu ketika bercerita atau menyanyikan lagu-lagu tidur sambil membaca buku.

6 Pentingnya Mengajari Bayi Membaca Buku Anak
6 Pentingnya Mengajari Bayi Membaca Buku Anak

Sementara bayi usia 4-6 bulan sudah tertarik keberadaan buku anak-anak. Umumnya, mereka mulai bergerak dengan buku, seperti memegang, menggenggam, bahkan menggigiti. Bayi berusia 6-12 bulan mulai memahami gambar, buku bayi ditampilkan. Tak jarang, bayi usia ini merespon cerita ibu dengan mengeluarkan obrolan. Anak Anda usia ini juga mulai penasaran dengan isi buku. Rasa ingin tahu yang ditunjukkan oleh cara ia mulai ingin mengubah halaman bayi.

2. Manfaat buku cerita untuk bayi yang membutuhkan seorang ibu untuk memahami

Menurut psikolog dari University of California, Amerika Serikat, Alison Gopnik, Ph.D., baca cerita bergambar buku anak-anak bisa membuat anak mengerti tentang bahasa. Itu sebabnya, ibu disarankan untuk digunakan untuk memberitahu bayi di bawah 1 tahun. Membaca buku cerita untuk bayi juga memiliki manfaat lain seperti berikut ini.

3. Buku bayi dapat memperkuat ikatan atau bonding antara ibu dan anak

Ketika Anda menyadari itu, membaca buku cerita untuk bayi ofetn bisa menjadi momen khusus antara ibu dan anak. Menurut Direktur Medis dari Jangkauan Out dan Baca, Mary Ann Abrams, bayi merasa aman, nyaman, dan dilindungi oleh suara ibunya ingat. Jelas, ini mengurangi tingkat kerewelan bayi yang baru lahir. Bahkan, menurut penelitian dari Journal of Developmental dan Perilaku Pediatrics, membaca untuk bayi yang dirawat di NICU kesehatan make membaik setelah beberapa hari.

4. Kebiasaan dapat membaca buku-buku tentang pemberian makanan bayi otaknya

Menurut beberapa penelitian medis, bayi yang sering membaca buku ketika bayi baru lahir cenderung memiliki lebih banyak kosakata. Bahkan, cenderug memiliki kemampuan matematika yang lebih tinggi daripada anak-anak seusianya. Kebiasaan membaca buku cerita untuk bayi ini, membuat berbicara anak Anda dengan lancar seperti yang kita memasuki usia 3 tahun.

5. Bayi belajar tentang emosi sambil membaca buku

Selain kemampuan akademis, buku cerita untuk bayi juga dapat membuat anak mengerti tentang jenis emosi. Apalagi jika ibu bisa mengeskpresikan emosi karakter dalam buku anak-anak dengan tandu yang baik. Jangan terkejut jika anak Anda akan berceloteh saat melihat gambar dalam sebuah buku bayi.

6. Sebenarnya, membaca buku dapat melatih berbicara bayi

Membaca buku bayi sehingga membuat penasaran cara untuk merangsang kemampuan untuk berbicara dan anak membacak, Anda tahu. Menurut Kenneth Wible Anak rahmat Rumah Sakit, Amerika Serikat, bayi yang baru lahir tidak akan mengerti apa-apa yang diceritakan oleh ibu melalui buku-buku anak-anak. Namun, diam-diam anak mulai mengenali nada, intonasi, dan ekspresi seorang ibu ketika ia berkata-kata.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *