5 Tips yang Bisa Dilakukan Saat Mengajak Bayi Membaca Buku

5 Tips yang Bisa Dilakukan Saat Mengajak Bayi Membaca Buku

Ibu tidak perlu ragu untuk memperkenalkan kegiatan membaca untuk bayi. Karena, kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi anak. Salah satunya adalah untuk merangsang pendengaran sebagai dasar untuk perkembangan bicara dan bahasa bayi. Berikut ulasannya:

1. Gunakan alat sambil membaca buku

Bahwa kegiatan membaca buku dengan bayi Anda menjadi lebih menyenangkan, ibu dapat menggunakan gambar atau benda yang mewakili cerita dalam buku yang dibaca. Misalnya, ibu membaca cerita tentang hewan rabies, boneka ibu kelinci dapat digunakan untuk mendukung cerita.

5 Tips yang Bisa Dilakukan Saat Mengajak Bayi Membaca Buku
5 Tips yang Bisa Dilakukan Saat Mengajak Bayi Membaca Buku

Selain itu, ibu juga dapat menggunakan alat untuk terdengar cerita yang lebih menarik. Misalnya, ibu meniru suara binatang yang ada dalam cerita. Misalnya, seperti suara anjing menggonggong, mengembik kambing atau meong untuk kucing.

2. Merasa bebas untuk berinteraksi langsung dengan bayi

Jadikan membaca buku ini menjadi kegiatan dua arah. Ibu tidak hanya puas membaca buku saja. Namun, ibu bayi juga harus merogoh untuk berinteraksi dengan cerita yang dibacakan. Meminta ibu kata-kata bayi ulangi membaca atau suara sampel yang berulang berkedok ibu hewan.

Jika bayi Anda sedikit besar dan sudah mengerti cerita yang dibacakan, ibu bisa menanyakan pendapatnya tentang cerita untuk melihat apakah ia menyukai cerita atau tidak. Dengan menciptakan situasi interaktif, suasana membaca ini akan menyenangkan untuk ibu dan bayi.

3. Biarkan kontrol take anak Anda

Selain berinteraksi dengan anak, ibu juga bisa membuat anak Anda mengendalikan aktivitas membaca buku ini. Biarkan bayi Anda memilih buku yang ingin Anda baca. Biarkan dia membalik halaman dalam buku ini. Ibu dapat membaca halaman yang ditunjuk bayi dan tidak perlu marah ketika bayi membalik ke halaman berikutnya ketika ibu memiliki membaca tidak selesai.

Membaca dengan anak Anda untuk membaca bukan kompetisi. Jadi, tidak peduli jika ibu tidak bisa menyelesaikan waktu membaca. Dengan membiarkan anak membalik halaman buku, ibu telah mengasah keterampilan motorik halus.

4. Pilih cerita yang sesuai dengan usia

Semakin muda bayi, ibu bisa memilih untuk membaca buku dengan durasi yang sangat singkat, tetapi banyak menggunakan ilustrasi. Pilih juga cerita yang sederhana dan sangat mudah untuk bayi untuk menangkap kata demi kata yang bisa diserap. Kemudian, bayi bisa meniru pengucapan.

5. Baca cerita dengan benar

Salah satu tujuan ibu buku bacaan untuk bayi sehingga dia tahu berbagai kata-kata melalui cerita bahwa ibu baca. Untuk memastikan bayi dapat menangkap semua ibu membaca, membaca cerita perlahan-lahan dengan pengucapan yang benar dan jelas sehingga bayi tidak akan menjadi kesalahan. Jika bayi sedang mencoba untuk meniru ibu mengatakan, Mendorong dan mengajar yang benar.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *