5 Tips Memilih Buku yang Tepat untuk Balita

5 Tips Memilih Buku yang Tepat untuk Balita

Buku adalah jendela dunia. Tidak ada salahnya memperkenalkan sensasi membaca untuk anak-anak dari usia dini meskipun mereka tidak memahami kata-kata sekalipun. Saat ini beredar berbagai buku yang tidak hanya mendukung tetapi juga mendukung anak-anak wawasan perkembangan motorik anak. Berikut ulasannya berikut ini:

1. Sesuaikan dengan usia

Perbedaan usia yang berbeda juga buku yang bisa diberikan kepada anak-anak. Mom, jangan memaksa anak untuk buku-buku yang tidak sesuai dengan usianya. Untuk balita dengan usia yang lebih kecil, ibu dapat memilih buku yang lembut bermaterial dan penuh gambar. Buku dengan susunan kata dan huruf yang lebih kompleks dapat diberikan kepada anak-anak yang lebih tua untuk merangsang kemampuan membaca mereka. Memilih buku secara bertahap sesuai dengan perkembangan anak.

5 Tips Memilih Buku yang Tepat untuk Balita
5 Tips Memilih Buku yang Tepat untuk Balita

2. Alur cerita tersebut memiliki nilai tapi masih membaca menyenangkan dan dilihat

Jika Anda memilih sebuah buku dongeng atau buku cerita, mencari buku-buku yang memiliki alur cerita yang menarik tapi bisa menyampaikan nilai-nilai nillai-positif pada anak-anak tanpa terdengar menggurui. buku Hindari dengan alur cerita berbelit-belit karena potensi untuk membuat anak bosan.

3. Gambar dan warna yang cerah

Bayi atau balita berusia di bawah tiga tahun mungkin tidak dapat memahami komposisi surat itu dan membaca kata-kata, tetapi mereka dapat menerima pesan melalui gambar yang tercetak pada buku. Menemukan satu buku dengan gambar yang menarik dan mewakili isi buku. Warna yang ada dalam buku ini juga dapat menjadi salah satu faktor yang menarik minat anak untuk membaca, atau setidaknya lebih dekat dengan buku.

4. Perhatikan bahan fisik buku

Ada beberapa jenis buku bahan untuk balita, ibu dapat memilih buku yang terbuat dari kain atau bantal buku untuk memperkenalkan buku-buku untuk bayi atau hardbook terbuat dari duplex karton tebal yang tidak mudah rusak jika digunakan sebagai “mainan” oleh si kecil. Perhatikan juga bahwa ada cetakan pada buku, pastikan daun tinta tidak ada bau dan tidak mudah terkelupas jika metode cetak buku menggunakan timbul.

5. Buku yang merangsang kreativitas anak-anak

Kali ini tidak hanya buku bisa dibaca, Anda tahu, tapi juga dapat membantu untuk merangsang perkembangan balita baik motorik, sensorik atau kognitif. Buku ini tidak hanya berisi teks dan menulis serta gambar 2 dimensi. Pilih buku yang bisa mengajak anak beraktitas karena itu, jenis buku yang disebut buku atau sibuk buku aktivitas karena bisa membuat anak “sibuk” dengan buku di depannya.

Buku kegiatan ini datang dalam berbagai bentuk: dari yang sederhana seperti buku dengan bagian uang dapat diwarnai atau buku dengan stiker untuk buku media yang pura sibuk yang meliputi halaman seperti halaman dengan tombol yang bisa dibongkar-pasang dan mengajak anak untuk mengenal tali.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *