5 Rekomendasi Buku Yang Wajib Di Baca Remaja Indonesia
Buku

5 Rekomendasi Buku Yang Wajib Di Baca Remaja Indonesia

Pada kesempatan kali ini kami akan merekomendasikan untuk anda buku terbaik dan memiliki pembelajaran yang bisa di petik dari ceritanya juga sangat inspiratif. Berikut dibawah ini ulasannya :

1. Bumi Manusia – Pramoedya Ananta Toer

Bumi Manusia menggambarkan kondisi sosial-budaya Hindia Belanda sebagai awal 1900-an. Bercerita tentang Minke, seorang pribumi yang dididik Eropa didirikan di Indonesia. Dalam buku ini dikisahkan pertemuan Minke dengan Annelies Mellema, seorang wanita Indonesia yang kemudian menjadi istrinya. Minke juga bertemu dengan Nyai Ontosoroh, ibu Annelies tidak kurang cerdas daripada wanita Eropa dan menyumbangkan ide-ide tentang Minke.

5 Rekomendasi Buku Yang Wajib Di Baca Remaja Indonesia
5 Rekomendasi Buku Yang Wajib Di Baca Remaja Indonesia

Dalam buku ini juga mengatakan disonansi yang dialami Minke tentang pandangannya terhadap pendidikan dan pengaruhnya dalam mengubah manusia. Menariknya, buku ini menggabungkan sejarah Indonesia dan asmara diintegrasikan ke dalam satu cerita yang harmonis.

2. Catatan seorang demonstran – Seo Hok Gie

Siapa sih yang tidak kenal Soe Hok Gie? Idealis yang selalu menjunjung tinggi prinsip sampai kematiannya emang jadi legenda di kalangan mahasiswa dan masyarakat Indonesia. Begitu banyak siswa saat ini kagum dan bercita-cita bisa memiliki pikiran kritis dan keberanian seperti yang dia lakukan.

Buku yang berisi pemikiran (alm.) Soe Hok Gie, mahasiswa Jurusan Sejarah FSUI. Mungkin banyak yang sudah menyaksikan film berjudul GIE? Nah, itulah yang membuat Seo Hok Gie lebih dikenal di Indonesia. Yang juga membuat siswa berbondong-bondong ke jalan-jalan untuk menegakkan hak-hak orang tertindas.

3. Madilog – Tan Malaka

Besar membaca bagi para pemuda untuk tahu lebih banyak tentang Tan Malaka berpikir tentang gagasan kebangsaan. Tan Malaka adalah orang pertama yang menulis draft Republik Indonesia dalam sebuah buku berjudul Naar de Republik Indonesia pada tahun 1925.

Nah, buku yang menginspirasi Ir. perjuangan Soekarno untuk kemerdekaan bagi negara. Namun, naas dan ironis, sebuah berjasa karena ia benar-benar ditembak mati oleh bangsanya sendiri.

Selama bertahun-tahun dia menghancurkan juga nama sejarah Indonesia dan bukunya yang berjudul Madilog dilarang. Buku Madilog (Materialisme, Dialektika, Logika) ini akan membawa kita untuk berpikir kritis, rasional, dan penuh pertimbangan. Karena buku dikategorikan filosofi ini tidak hanya berisi ilmu, nilai-nilai kehidupan, tetapi juga ide yang luar biasa dari Tan Malaka yang dapat menyerap dan belajar dengan mudah.

4. Laskar Pelangi – Andrea Hirata

Siapa yang tidak kenal Laskar Pelangi? film Indonesia yang inspirasi ini begitu populer di seluruh masyarakat. Tentu saja, sebagian dari Anda yang pernah menonton film. Kita tidak tahu, bahwa buku ini juga diperlukan untuk benar-benar dibaca sebagai banyak cerita yang tidak dapat divisualisasikan dalam film.

Laskar Pelangi bercerita tentang persahabatan dan perjuangan untuk hidup 10 anak di Pulau Belitong dengan karakter unik masing-masing. sorotan yang keriting, anak-anak yang memiliki potensi besar tapi penuh keterbatasan. Dalam novel ini memiliki humor dan emosi perjuangan untuk mencapai tujuan keterbatasan desa adalah emosi yang sangat menyentuh.

5. Negeri 5 Menara – A. Fuadi

Nah, buku terakhir adalah Negeri 5 Menara, membaca inspirasional. Fikri Berkisah Alif selama menjadi santri di Pondok Madani, mengatakan suatu keharusan yang kemudian berubah menjadi rasa syukur, memberikan pembaca banyak inspirasi.

Di Pondok Madani dia bersahabat dengan Said Arab, putra Raja Batak, Atang bahwa Sunda, Dulmajid orang Madura dan Bugis keturunan Baso. Mereka sangat dekat kebersamaan persahabatan dan keluarga, terlepas dari latar belakang etnis, wilayah dan kondisi sosial-ekonomi. Anak-anak ini biasanya berkumpul di bawah yang disebut menara menara Sahibul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *