5 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak

5 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak

Membaca buku cerita untuk anak-anak tidak perlu menunggu sampai ia bisa membaca. Karena, tidak peduli apa anak akan mendengar dan merangsang semua kata yang Anda katakan. Kegiatan ini tidak hanya bisa menghibur, tetapi juga menyimpan berbagai manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Berikut ulasannya berikut ini:

1. Meningkatkan kemampuan bahasa

Ketika anak-anak mendengarkan buku yang Anda baca, anak akan diberikan kosa kata yang diucapkan dari mulut. Cerita-cerita yang lebih Anda sering membaca dia, lebih membantu anak untuk menyimpan banyak kosa kata. Nah, kosa kata yang akan digunakan oleh dia ketika ia ingin mengungkapkan sesuatu.

5 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak
5 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak

Anak-anak yang sering membaca buku sejak aku masih bayi atau balita juga memiliki kemampuan untuk berkomunikasi lebih lancar karena ia telah mengantongi banyak kosakata hafal. Dibandingkan dengan anak laki-laki, anak perempuan akan mengalami manfaat ini lebih cepat, karena mereka memiliki fokus yang lebih tinggi untuk cerita.

2. Membangkitkan minat anak untuk membaca

Anak-anak yang tidak diperkenalkan ke buku-buku dari usia dini cenderung tidak seperti membaca ketika ia dibesarkan. Karena, tidak dapat disangkal bahwa minat membaca pada anak-anak akan tumbuh dengan orang tua sering membaca buku kepadanya.

Dengan menggunakan buku bergambar, anak akan penasaran dengan isi buku cerita. Jika Anda memiliki ini, anak Anda akan mendapatkan ketagihan untuk mendengar cerita yang lebih menarik dari Anda. Dan, tentu ia akan tertarik untuk membaca buku.

Untuk mengacah cintanya buku, akan kegiatan ini sebagai rutinitas sehari-hari. Ajarkan anak Anda bahwa bmembaca adalah sesuatu yang bisa dinikmati, bukan tugas yang harus dilakukan enggan. Jika Anda berhasilkan menanamkan pada dirinya, maka pasti anak-anak akan suka membaca buku, bahkan sampai dia dewasa.

3. Melatih anak untuk mengingat kosakata

Jumlah kosakata Anda katakan ketika diberitahu akan membuat anak Anda ingat kosa kata. Memang, tidak semua kosa kata ingat, tapi cara ini masih dapat melatih ingatannya. Untuk itu, Anda dapat melatih dia untuk meminta di tengah-tengah cerita.

Jika anak berhasil mengingat cerita yang Anda baca, maka ini akan berdampak baik pada perkembangan otak bayi. Adalah kemungkinan bahwa ia akan tumbuh menjadi anak yang cerdas melebihi usianya.

4. Buat ikatan dan hubungan yang semakin dekat

Membaca buku cerita anak Anda, Anda juga dapat menggunakan sebagai cara untuk membangun ikatan kuat dengan buah hati Anda. Dalam rangka menciptakan hubungan yang harmonis, anak membaca buku cerita, memeluknya atau membuat lelucon. Biarkan si kecil Anda untuk berpelukan dengan Anda. Dengan cara ini, anak akan merasa lebih dekat dengan orang tuanya.

Bacakan buku kecil cerita memiliki pesan moral seperti bawang dan bawang putih, Kancil, atau Pinocchio. Ini dimaksudkan untuk anak-anak dapat menyerap moral dari cerita ini dan tumbuh menjadi yang selalu berbuat baik.

Meskipun saat ini cerita bahwa anak-anak dengan mudah dapat di-download di internet, tapi tidak pernah membaca cerita untuk anak Anda melalui gadget perantara. Membaca buku cerita anak Anda langsung dari mulut ibu akan menciptakan interaksi yang baik dengan dia. Anak-anak dapat lebih memfokuskan perhatian ekspresi wajah Anda saat berbicara.

5. Memperkenalkan berbagai emosi

Jika Anda ingin membeli buku, kemudian membeli buku penuh gambar dan tentu saja penuh warna. Ketika Anda bercerita, jangan lupa untuk memperkenalkan anak Anda tentang hal-hal yang dalam buku ini, dari warna, bentuk, huruf, angka, dan banyak lagi. Selain membantu anak untuk mengenal hal-hal baru, rupanya cara atau mendongeng Anda juga dapat memperkenalkan dia untuk berbagai emosi.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *